Menyibak Keutamaan dan Rahasia Amalan Hari Jumat

- Publisher

Jumat, 19 April 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

ilustrasi

ilustrasi

Hari Jumat tak bisa dipungkiri sebagai hari yang spesial bagi umat Islam. Selain menjadi penanda berakhirnya pekan dan dimulainya libur akhir pekan, hari Jumat juga diliputi dengan kemuliaan dan keberkahan tersendiri. Para ulama sepakat bahwa hari Jumat memiliki keutamaan yang lebih dibandingkan hari-hari lainnya.

Artikel ini tak hanya akan membahas tentang keutamaan tersebut, namun juga akan mengupas lebih dalam mengenai amalan-amalan istimewa yang dianjurkan untuk dilakukan di hari Jumat. Dengan menjalankan amalan-amalan ini, diharapkan kita sebagai muslim dapat semakin meningkatkan ketakwaan dan meraih pahala yang berlipat ganda.

Menyelami Keutamaan Hari Jumat

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Beberapa keutamaan yang menyertai hari Jumat di antaranya:

  • Hari yang Paling Mulia: Hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, Ibnu Majah, dan An Nasa-i menyebutkan bahwa hari yang paling mulia bagi umat Islam adalah hari Jumat. Ini menjadi pengingat untuk kita memaksimalkan hari tersebut dengan amal-amal kebaikan.
  • Hari Pengampunan Dosa: Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Imam An-Nasa’i disebutkan bahwa di hari Jumat terdapat waktu mustajab. Ini adalah waktu di mana doa-doa seorang muslim lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT.
  • Hari Penciptaan dan Kematian Adam: Menurut beberapa hadits, Nabi Adam diciptakan dan diturunkan ke bumi pada hari Jumat. Di hari yang sama, beliau wafat. Momen ini menjadi pengingat akan asal-usul manusia dan bagaimana kehidupan ini akan berakhir.
Baca Juga  Kisah Para Ilmuwan Muslim yang Mengubah Dunia

Menjalankan Amalan Istimewa di Hari Jumat

Mari kita lihat lebih dekat amalan-amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan di hari Jumat:

  • Mandi Jumat: Mandi Jumat termasuk sunnah muakkad, amalan sunnah yang sangat dianjurkan. Mandi ini dilakukan untuk membersihkan diri dari hadas dan kotoran, serta mempersiapkan diri untuk sholat Jumat dengan penuh kesucian.
  • Membaca Surat Al-Kahfi: Membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat memiliki keutamaan yang luar biasa, yaitu akan mendapatkan cahaya yang menyinarinya di antara dua Jumat. (HR. Ahmad, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah).
  • Bersedekah: Hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah menyebutkan bahwa sedekah yang paling utama adalah sedekah yang dilakukan pada hari Jumat. Ini menjadi kesempatan untuk berbagi rezeki dan membantu sesama di hari yang penuh berkah.
  • Sholat Jumat dan Khutbah: Sholat Jumat merupakan ibadah wajib bagi laki-laki muslim yang sudah baligh dan berakal sehat. Selain sholat, mendengarkan dan memperhatikan khutbah Jumat juga merupakan kewajiban bagi para jamaah.
  • Memperbanyak Istighfar dan Sholawat: Memperbanyak istighfar (memohon ampunan) dan bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW di hari Jumat memiliki keutamaan untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda.
  • Mendoakan Orang Tua: Mendoakan orang tua, terutama yang sudah meninggal, di hari Jumat dianjurkan untuk dilakukan. Hari ini diyakini sebagai hari di mana doa-doa lebih mudah dikabulkan.
  • Menyebarkan Kebaikan: Menyebarkan kebaikan di hari Jumat memiliki keutamaan untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Kebaikan tersebut dapat berupa membantu sesama, berbagi ilmu, amar ma’ruf nahi munkar (menegakkan kebaikan dan mencegah kemungkaran), dan lain sebagainya.
Baca Juga  Hukum Hutang dalam Islam: Apa yang Harus Anda Ketahui!

Lebih dari Sekedar Ritual

Melaksanakan amalan-amalan di hari Jumat bukan sekedar ritual yang dijalankan tanpa makna. Setiap amalan memiliki hikmah dan tujuan tersendiri. Mandi Jumat misalnya, selain membersihkan diri secara fisik, juga menjadi simbol kesiapan kita untuk menyambut hari yang penuh berkah dengan hati yang bersih.

Membaca Surat Al-Kahfi diyakini memiliki keutamaan untuk menjaga hati agar tetap teguh di tengah berbagai fitnah dan godaan dunia. Sedangkan bersedekah di hari Jumat melatih kita untuk berbagi dan peduli terhadap sesama.

Dengan memahami hikmah di balik setiap amalan, diharapkan kita dapat menjalankan ibadah di hari Jumat dengan penuh kesadaran dan keikhlasan. Hal ini akan semakin membawa kita pada peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Hari Jumat merupakan anugerah yang luar biasa bagi umat Islam. Dengan memanfaatkan keutamaan dan melakukan amalan-amalan istimewa di hari ini, kita dapat meraih pahala yang berlipat ganda dan menjadi pribadi yang lebih baik. Jadi

Print Friendly, PDF & Email

Berita Terkait

Panduan Memilih Hewan Kurban Terbaik untuk Idul Adha
Menelusuri Akar Tradisi Kurban yang Membentang Abad
Potret Achmad Baidowi, Calon Bupati Pamekasan Melalui Kacamata Kiai Tijani
Karakteristik Ideal Penuntut Ilmu Menurut Pemikiran Imam Al-Ghazali
Lesbumi PCNU Pamekasan Awali 100 Tahun A.A. Navis
Kata dan Rupa Danarto dalam Tilikan Hyphen
Membaca Amalan yang Menggetarkan Hati di Hari Raya Idul Fitri: Upaya Mendekatkan Diri kepada Allah
Ikhtiar Raih Berkah Ramadan, Rudy Susanto Calon Bupati Pamekasan Berbagi Santunan untuk Anak Yatim

Berita Terkait

Minggu, 16 Juni 2024 - 10:44 WIB

Panduan Memilih Hewan Kurban Terbaik untuk Idul Adha

Minggu, 16 Juni 2024 - 10:17 WIB

Menelusuri Akar Tradisi Kurban yang Membentang Abad

Senin, 10 Juni 2024 - 09:37 WIB

Potret Achmad Baidowi, Calon Bupati Pamekasan Melalui Kacamata Kiai Tijani

Kamis, 6 Juni 2024 - 22:10 WIB

Karakteristik Ideal Penuntut Ilmu Menurut Pemikiran Imam Al-Ghazali

Jumat, 17 Mei 2024 - 13:02 WIB

Lesbumi PCNU Pamekasan Awali 100 Tahun A.A. Navis

Kamis, 16 Mei 2024 - 13:06 WIB

Kata dan Rupa Danarto dalam Tilikan Hyphen

Jumat, 19 April 2024 - 11:40 WIB

Menyibak Keutamaan dan Rahasia Amalan Hari Jumat

Rabu, 10 April 2024 - 01:03 WIB

Membaca Amalan yang Menggetarkan Hati di Hari Raya Idul Fitri: Upaya Mendekatkan Diri kepada Allah

Berita Terbaru

Dok. Dutabaca

Berita

PBNU Sesalkan Kunjungan Lima Cendekiawan NU ke Israel

Senin, 15 Jul 2024 - 22:38 WIB